Friday 24 April 2009

Bermain bulutangkis

Puas rasanya melihat adik semalam latihan bulutangkis di STIKA, sebuah klub di bilangan mampang, saya sendiri tidak ragu memasukkan dia ke klub ini, karena saya melihat ada nilai plus dari sisi background pelatihnya, yang merupakan mantan pemain Jaya Raya angkatan tahun 1980, namanya Dwi Anthoro biasa di panggil Pak Anto.

Teknik yang diajarkan cukup lengkap, mulai dari foot work yang baik dan benar, penempatan pukulan, dan strategi bermain.
Oh ya nama Adikku Wahyuni Ashariyati ( female ), secara postur dia sudah ideal banget, masih kelas 6 SD dengan tinggi 169 cm. Anak seumur dia punya semangat tinggi, tapi kata latihan mungkin terlalu berat untuk dia, sehingga kadang kita harus menggantinya dengan "bermain". Teknik bermain bulutangkisnya pun belum benar karena memang semua itu butuh proses, khususnya masalah pegangan raket. oh ya ini ada uraian bagaimana Teknik Bermain Bulutangkis yang benar yang harus di kuasai oleh seorang atlet antara lain : teknik memegang raket, teknik memukul bola, dan teknik penguasaan kerja kaki ( foot work ).

A. Teknik Memegang Raket

Teknik ini adalah landasan dalam melakukan berbagai pukulan. Cara memegang raket yang baik adalah dengan menggunakan jari-jari tangan, bukan telapak tangan, efeknya akan memudahkan pergelangan tangan untuk menggerakkan raket secara leluasa.

Pegangan Gebuk Kasur
Teknik ini merupakan istilah lain dari pegangan cara amerika ( American grip ). Cara penggunaannya letakkan raket di lantai, ambil dan peganglah dengan cara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang luas. Pegangan ini efektif untuk smesh, tapi kurang efekif dalam permainan di depan net, karena tidak memiliki keluaasaan gerak, teknik ini jarang digunakan.

Pegangan Forehand
Teknik ini dilakukan ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian permukaan yang sempit. Keuntungan dari teknik ini ialah :

- Pegangan akan lebih kuat, tidak mudah lepas.
- Memudahkan pukulan di sebelah kanan badan.

Kelemahan :
- Lemah dalam backhand
- Lemah dalam menerkam bola di depan net

Pegangan Backhand

Posisi ibu sejajar dengan kepala raket. Keuntungan dari pegangan ini ialah pemain leluasa dapat mengembalikan bola yang datangnya dari sebelah kiri badan. Kelemahan dari teknik dari pegangan ini, atlet akan kesukaran dalam mengembalikan smesh yang mengarah ke sebelah kanan

Pegangan Campuran/Kombinasi
Teknik pegangan ini sering disebut pegangan jabat tangan, yaitu kombinasi antara teknik pegangan gebuk kasur dan teknik pegangan forehand. Teknik ini adalah pegangan yang paling efektif, karena pegangan raket sesuai dengan berbagai jenis datangnya bola, sehingga atlet akan memiliki pukulan yang lengkap dan sulit dianalisis kelemahannya.