Saturday, 9 May 2009

Alternatif Tips Menambal Ban Bocor untuk Ban Tubeless

Tips Perawatan Ban Bocor

Bagi rekans yang suka berkendara, masalah ban tentu sering ditemui dan
harus
diwaspadai. Meskipun ban masih baru, tapi kalo lagi apes, kempes juga
ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya.. Lalu ban itu digantikan
ban serep dan dibawa ke tukang tambal ban. Apa yang dilakukan tukang
tambal?
---- ----- ----

Kiamatlah sudah ban baru kita. Ban yang tadinya utuh sekarang ditusuk
dengan
alat tusuk yang segede kelingking. Ban yang tadinya bocor hanya seujung
jarum dibikin bolong kaya mulut pipa. Itu mah namanya tambal ban tubles!

Setelah dibolongin, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan
regangan
yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya,
anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin sobek dan putus
berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah.. Inilah bentuk kiamat
dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 - 10 ribu perak. Untuk
pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa
minggu
atau bulan. Tapi jika bocor lagi dititik yang sama kagak bisa lagi
disumbat
dengan tali serabut itu. Tapi harus menggunakan ban dalam! Emangnya enak
pake ban dalam?

Inilah cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak sama
sekali), hemat waktu, biaya dan tenaga, dan ......

dapat dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.

Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak
gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari
pake tip-ex).

Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.
Setelah
kering tetesi dengan lem power (power glue) merek apa aja sehingga lem
meresap ke dalam lubang. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip
seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu
tunggu
kering selama beberapa menit. Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal
selesai.

Apa keunggulannya?

(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya
kohesif karet sendiri, so... titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian
yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena
hanya
menggunakan lem. Life time guarantie!

(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

(3) Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.

(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
Menggunakan