Sunday 14 June 2009

Teknik Memukul Bola

Agar dapat melakukan pukulan bola dengan baik, seorang atlet harus didasari dengan teknik memukul bola yang benar.

Walaupun banyak jenis dan bentuk pukulan dalam permainan bulutangkis, namun yang perlu diperhatikanadalah gerakan permulaan, saat perkenaan, dan penyelesaian akhir.
Pada gerakan permulaan, yang perlu diperhatikan terutama posisi tubuh dan kaki pada saat akan melakukan berbagai pukulan. Selain itu posisi sikap ayun tangan dan saat menarik siku serta bahu perlu juga diperhatikan.
Pada saat perkenaan, atlet harus berusaha memukul bola tepat saat bola masih berada sedikit di depan tubuh dan selalu berusaha agar kaki, tubuh dan jarak tubuh dengan bola berada dalam posisi yang enak dan tepat. Kesalahan yang sering terjadi para pemain meremehkan atau kurang memperhatikan gerak kai dan posisi tubuh pada saat memukul.
Pada saat penyelesaian akhir, hendaknya atlet menggunakan pergelangan tangan untuk memukul bola. Dengan menggunakan pergelangan tangan, atlet masih dapat mengubah kecepatan, ketajaman, dan arah bola sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Dengan demekian, sampai pada saat terakhir menjelang bola terpukul, lawan masih belum dapat memastikan berapa kecepatan dan arah mana bola akan dipukul, sehingga lawan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengembalikan pukulan bola. Satu hal yang juga penting diperhatikan dalam penyelesaian akhir adalah diakhiri dengan gerak lanjut yang lincah dan tepat. perlu diingat bahwa betapapun pentingnya gerak tipu permainan gerak tangan, itu hanya merupakan penyelesaian akhir, tanpa gerak permulaan yang benar dengan posisi yang benar, maka gerak tipu akan sulit dilakukan

Posisi Badan Terhadap Bola

Pada dasarnya dalam permaianan bulutangkis, posisi badan harus berada di belakang bola, dan bola dipukul pada titik kulminasi tertinggi. Keuntungan menempatkan posisi badan di belakang bola adalah :
1) Pukulan dapat diarahkan ke segala penjuru lapangan menurut kemauan atlet.
2) Tenaga atau power yang dikeluarkan lebih keras sehingga menghasilkan pukulan yang lebih keras.
3) Posisi atlet selalu berada pada posisi menyerang
4) Dengan menempatkan bola di depan muka badan, maka pandangan dapat diarahkan pada bola dan posisi lawan. sehingga dapat mengarahkan bola kearah yang lebih sulit.

Merahasiakan Gerakan Awal

Merahasiakan gerakan awal, yakni ayunan gerak raket pada saat akan memukul, merupakan kunci dari setiap pukulan dalam permainan bulutangkis. Betapapun keras pukulan seseorang tidaklah akan membuat faktor kesulitan yang tinggi apabila telah diketahui lebih dahulu arahnya. Hendaknya hal ini diantisipasi dengan menambah gerakan tipuan

Fungsi Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan merupakan unsur penting dan menentukan dalam melakukan suatu pukulan baik arah pukulan, daya pukulan, gerak tipu maupun dalam merahasiakan gerakan awal

Karakteristik Jalannya Bola

Atlet harus memahami dan mengenali bola yang akan digunakan dalam pertandingan. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman bahwa perbedaan merk bola, akan mempengaruhi laju luncuran bola, oleh karena itu di upayakan agar bola yang digunakan pad saat berlatih sama dengan bola yang akan digunakan dalam pertandingan.