Sunday 14 June 2009

Tips Menambal Ban Tubless

Cara ini sudah di uji dan terbukti 100% berhasil, memang agak sedikit repot, tp bila kita ada waktu luang paling hanya makan waktu 1 jam, baiknya lagi ban tubless tidak rusak

Sebenarnya alternatif ini terpikir, karena ga pengen ban tubless baru rusak + kepepet ga punya duit. Waktu itu ban tubless masih baru banget, belum ada seminggu, ga disangka ketusuk paku beton, setahu gw kalo tambal tubless di bengkel pasti ditusuk ma besi yg berukuran besar, wah itu mah cuma tambah ngerusak aja, iseng-iseng jalan ke bengkel lain, ternyata dia jual, bentuknya cairan bahannya rubber, tapi harganya agak mahal, sekitar 35rb... wah jadi mikir lagi. Putar otak masa harus cari getah karet di UI, akhirnya ketemu ide waktu ngeliat akuarium, oh iya kenapa ga pakai lem kaca (silicon rubber ) untuk bikin akuarium harganya sekitar 8rb.
Dengan segala kehati-hatian, ban dilepas dari velgnya, kebetulan memang gw punya alat-alatnya, kalau yang ga punya, bisa minta minta tolong di bengkel terdekat, setelah dibuka, langsung di oles tipis pada bagian dalam yang bocor, setelah itu jemur sebentar, 5 menit kemudian oles lagi dengan permukaan yang lebih tebal terus jemur lagi, setelah itu oles lg dengan permukaan yang lebih tebal, ini dimaksudkan agar benar kuat dan merata, setelah itu jemur kembali sampai kering, tinggal pompa, beres, Selesai deh..
Cara ini benar2 terbukti, sampai sekarang ban tidak mengalami kebocoran, walaupun bocor halus, sudah diuji dengan beban yang berlebihan ( duduk bertiga + barang ), ban tetep mulus dan tidak ada benjolan, karena memang dilem pada bagian dalam, Silicon Rubber memang punya daya rekat yang kuat, ditambah elastisitasnya, bikin penambalan jadi lebih perfect.

Met Mencoba...