Tuesday 5 May 2009

2'nd Treasure

Harta Tangerang yang kedua adalah masjid tertua, Masjid Kalipasir. Masjid di jalan Kalipasir ini dibuat oleh tujuh orang, salah satunya Raden Tumanggungpamit Wijaya, yang makamnya ada di depan masjid.

Lambang masjid ini berupa tugu dari tanah liat di atap masjid. umur tugu itu hampir empat abad, tetapi masih kokoh, di salah satu kayu penyangga betuliskan 11 agustus 1615, meunjukan bedirinya masjid ini, uniknya luas masjid ini berukuran 16x15 meter. disini juga terdapat makam Hj Mustafiah, yang disebut-sebut sebagai guru pesantren putri pertama di Jawa.
Bangunan ini pun menyimpan misteri. Konon pas bulan maulid, para petualang yang tidur di dalam masjid, bisa mendapat cincin atau gelang emas, betapa anehnya ???
Ada juga pohon Kamboja yang ketika coba di tebang karena akarnya menjalar merusak makam tidak berhasil. Padahal pengurus masjid sudah mencoba menebang pohon itu dengan gergaji kayu hingga gergaji mesin. Namun pohon itu cuma tergores. Lebih aneh lagi ketika pohon masih berbunga, setiap ada burung yang melewatinya pasti mati. That's so horrible. Mungkinkah pohon itu beracun, Tapi kalo anak-anak yang bermain di sekitar pohon itu tidak mengalami apa-apa.
Pilar-pilar masjid terbuat dari kayu, konon pilar itu berasal dari pohon yang bila tekena air malah semakin kuat, jadi pilar itu makin kokoh meski terkena air. Warga sekitar masjid membantu merenovasi agar masjid dapat bertahan lama. Inilah wujud kepedulian warga terhadap harta yang diwariskan kepada mereka.