Tuesday 5 May 2009

Backpack, Backpacking, Backpacker

Backpack pengertiannya tas punggung. Backpacking pengertiannya melakukan perjalanan sambil menggendong tas punggung. Sedangkan backpacker adalah orang yang melakukan perjalanan sambil menggendong tas punggung. Ini pengertian harafiahnya.

Backpacking, Pada prakteknya, terdapat beragam pendapat mengenai istilah backpacker ini. Ada yang mengatakan backpacker sama dengan turis sandal japit. Ada juga yang berpendapat hanya orang-orang yang tidak memiliki dana cukup yang memilih menjadi backpacker. Ada pula yang berpendapat bahwa backpacker adalah orang-orang yang ingin melakukan perjalanan untuk mengenal lebih dekat budaya dan masyarakat setempat. Ada pula yang berpendapat bahwa hanya dengan menjadi backpacker kita bisa melakukan perjalanan ke tempat-tempat terpencil dan sulit dijangkau.
Semua sah-sah aja, karena pendapat itu pada dasarnya didasarkankan pada alasan dan tujuan dilakukannya perjalanan itu sendiri. Saya sendiri lebih memilih menjadi backpacker karena saya suka bertualang. Bertualang memang tidak harus menjadi seorang backpacker. Ini dikarenakan alasan kedua, untuk memudahkan mobilitas. Saya memilih meletakkan semua harta benda saya didalam tas diatas punggung. Jadi kalau mau kemana-mana tinggal angkat tas, letakkan di punggung dan perjalanan pun dimulai. Sesederhana itu. Mengenai penghematan biaya, itu juga betul, karena saat ini dana saya memang terbatas. Namun kalau ada yang ekstrim mengatakan bahwa backpacker itu hanya untuk orang-orang yang tidak mempunyai dana besar, itu juga salah. Banyak saya temui backpacker yang mempunyai latar belakang kemapanan yang lumayan, bahkan termasuk orang berpunya. Dan tidak sedikit pula perjalanan backpacker yang membutuhkan dana besar, contohnya bila daerah yang dituju ternyata transportasinya belum memadai sehingga harus mencarter kendaraan yang harganya juga tidak murah.
Jadi paling amannya, kita kembali saja mengacu pada pengertian sesuai kamus, backpacker adalah orang yang melakukan perjalanan sambil menggendong tas punggung, apapun latar belakang dan alasannya ;)